Mengenal Aplikasi Qlue, Karya Anak Bangsa untuk Jakarta Smart City
Aplikasi Qlue

Bagikan:

JAKARTA - Era digital telah mendorong penggunaan aplikasi digital dan data dalam pembangunan ibu kota dengan konsep Jakarta Smart City. 

Hari ini, masyarakat dan pemerintah dapat berpartisipasi dalam memberikan saran, kritik, atau laporan mengenai masalah kota Jakarta melalui aplikasi buatan anak bangsa, yakni Qlue.

Qlue merupakan aplikasi digital yang berfungsi sebagai wadah untuk memudahkan masyarakat Jakarta dalam melaporkan berbagai masalah yang ada di sekitar mereka untuk kemudian diteruskan kepada pihak terkait.

Sejak tahun 2014, Qlue sudah bekerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta dan telah menerima banyak laporan dari masyarakat, sehingga pemerintah Jakarta dapat menindak lanjuti apa yang dilaporkan oleh masyarakatnya. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di platform Androi dan iOS.

Lantas bagaimana caranya melaporkan masalah di aplikasi Qlue?

Untuk membuat laporan di Qlue sangat mudah. Pelapor wajib mengambil foto dari masalah yang ditemui kemudian menentukan kategori dari masalah tersebut, seperti kemacetan, sampah, parkir liar, banjir, pelanggaran, dan lainnya.

Aplikasi Qlue

Kemudian, pelapor dapat membuat judul laporan beserta penjelasan dari laporan tersebut. Setelah laporan dibuat, pelapor hanya perlu memantau status laporan tersebut apakah masih menunggu, telah diproses, atau sudah selesai ditangani.

Melalui beranda aplikasi, pelapor dapat melihat laporan dari pelapor lain yang ada di sekitarnya, serta memberikan komentar atau tanda dukungan yang dilambangkan dengan tangan terkepal yang memiliki fungsi mirip seperti tanda 'like' pada Facebook.

Selain itu, dilansir Bisnis.com, Qlue juga telah meluncurkan Indonesia Bergerak pada tahun lalu yang merupakan inisiatif anak bangsa untuk membuat platform berbasis integrasi data, chatbox, dan pelaporan warga terkait perkembangan COVID-19 yang dapat diakses publik.

Laporan dari masyarakat nantinya akan divisualisasikan dalam bentuk peta yang dapat diakses oleh publik.

Selain itu laporan masyarakat akan diintegrasikan dengan data-data lainnya, sehingga membantu orang untuk melihat sebaran virus corona di seluruh Indonesia, mengurangi penyebaran Corona dengan laporan kerumunan masyarakat, dan melihat data rumah sakit yang penuh.

Dengan tampilan dan fitur yang mudah digunakan, aplikasi Qlue menjadi terobosan baru dalam perbaikan dan pengembangan kota Jakarta, baik dalam bidang tata kota hingga pelayanan publik. Meski belum digunakan oleh seluruh masyarakat Jakarta, ribuan laporan masuk ke aplikasi Qlue setiap hari.