Transplantasi Wajah Sebagian Pertama di Dunia Terjadi setelah Wajah Isabelle Dinoire Dikoyak Anjing
Isabelle Dinoire (Sumber: tangkap layar euronews)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini 27 November 15 tahun lalu atau pada 2005, seorang perempuan asal Prancis Isabelle Dinoire menjadi orang pertama yang menjalani transplantasi wajah sebagian pertama di dunia. Operasi itu ia lakukan setelah diserang anjing peliharaannya, sehingga membuat mukanya terkoyak.

Putri Dinoire melaporkan bahwa keluarganya yakin anjing tersebut secara tidak sengaja melukai Dinoire. Mereka percaya kecacatan Dinoire itu disebabkan ketika anjing itu, yang menemukan Dinoire tidak mau bangun, panik dan mulai mencakar dan menggigit Dinoire. Dinoire patah hati ketika anjing tersebut disuntik mati dan menyimpan foto anjing itu di samping tempat tidur rumah sakitnya. 

Dinoire lantas menjalani operasi wajah di rumah sakit Amiens, Prancis. Mengutip The Guardian, operasi tersebut sangat kompleks dan berisiko tinggi. Bagaimana tidak, pencangkokan tersebut diambil dari wajah manusia yang telah meninggal. 

Sementara itu, Tim dokter mengatakan operasi transplantasi wajah itu dipimpin oleh Profesor Jean-Michel Dubernard, yang melakukan transplantasi tangan pertama di dunia di rumah sakit Edouard Herriot Lyon pada 1998 dan Profesor Bernard Devauchelle, kepala operasi maxillo-facial.

Tim dokter Prancis mengejutkan dunia bedah. Banyak yang mengira transplantasi wajah pertama dilakukan di Amerika Serikat (AS), setelah pengumuman bahwa klinik Cleveland di Ohio mendapat persetujuan etis dan akan mulai mewawancarai calon pasien.

Lompatan bedah yang tiba-tiba menemukan komunitas medis dan masyarakat tidak siap untuk menghadapi implikasi ilmiah, etika, dan sosial dari prosedur pembedahan yang berjuang untuk transisi dari novel fiksi ilmiah ke sains. 

Namun Michael Earley, konsultan ahli bedah plastik dan anggota dari pihak kerja Royal College of Surgeons untuk transplantasi wajah, mengatakan bahwa itu adalah operasi yang bagaimanapun akhirnya akan terjadi.

"Operasi itu bisa dilakukan di mana saja di mana ada ahli bedah mikro dan ahli bedah plastik terlatih. China, Australia atau negara lain dari sudut pandang teknis. Apa yang menahannya adalah masalah etika," kata Earley. 

Sebuah tim di rumah sakit Royal Free di London, di bawah Profesor Peter Butler, telah melakukan pekerjaan ekstensif untuk memodelkan seperti apa wajah yang ditransplantasikan. Wajah yang ditransplantasikan nantinya tidak mirip pendonor atau penerima. Studi psikologis juga dilakukan sebelum operasi besar tersebut dilakukan.

Tapi, kata Earley, iklim etika di Inggris tidak tepat. "Saya pikir akan ada sejumlah keberatan dari para ahli etika dan psikolog dan masyarakat umum," katanya.

Ada risiko penolakan jangka panjang, yang akan membuat kondisi pasien lebih buruk dari sebelumnya. Mereka juga harus minum obat seumur hidup. Risiko ini harus diimbangi dengan manfaat yang akan diterima pasien. Tak pelak lagi, pasien mengharapkan hasil yang lebih baik daripada yang mungkin mereka dapatkan.

Risiko tinggi

Pihak berwenang Prancis awalnya ragu-ragu sebelum memberikan izin karena "risiko medis dan psikologis yang sangat tinggi" terkait dengan operasi tersebut. Bahaya penolakan transplantasi jangka pendek dan jangka panjang, dan juga potensi etis dan komplikasi psikologis seseorang yang "menggunakan" wajah orang lain juga menjadi pertimbangan. Namun bagaimanapun kontroversinya, operasi tersebut tetap berjalan. 

Pada April 2016, Dinoire meninggal dunia yang dikonfirmasi oleh dokternya di Amiens. Kabar meninggalnya Dinoire baru beredar pada September dan dengan alasan tidak mengumumkan kematian sebelumnya untuk melindungi privasi keluarga Dinoire.

Dokter tidak mengungkapkan penyebab pasti kematiannya. Namun terdapat laporan bahwa tubuh Dinoire telah menolak transplantasi sejak 2015. Dinoire telah kehilangan kontrol sebagian bibirnya. 

Obat-obatan yang harus dia minum untuk mencegah tubuhnya menolak transplantasi membuatnya rentan terhadap kanker. Diketahui bahwa terdapat dua kanker yang telah berkembang di tubuh Dinoire.