Kronologi Sakitnya Syekh Ali Jaber Sebelum Wafat, Sempat Berjuang Lawan COVID-19
Ulama Syekh Ali Jaber (FOTO: IG @yayasan.syekhalijaber)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir tahun 2020, Syekh Ali Jaber mengabarkan bahwa dirinya terinfeksi COVID-19. Sempat membaik dan dinyatakan negatif COVID-19, Syekh Ali Jaber wafat pada hari Kamis, 14 Januari. Sehari sebelum kepergian Syekh Ali, Uztad Yusuf Mansur sudah mendapatkan kabar kalau dia kritis. 

"Semalam dikabarin dokter, ustaz Ali kritis, saya sebar ke para kyai, ulama, ke teman-teman. AA Gym, gus senusantara, se Indonesia,  syekh Ali kritis, mohon doanya. Kita kehilangan pejuang quran, kehilangan dai yang ikhlas, meninggalkan negaranya untuk Indonesia," kata Yusuf Mansur sambil terisak dilansir instagram pribadinya, @yusufmansurnew, Kamis, 14 Januari 2021. 

Ustaz Yusuf Mansur mengatakan, Syeh Ali Jaber meninggal dunia bukan karena COVID-19. Namun ada beberapa riwayat penyakit lain yang diidap oleh Syekh Ali Jaber. "COVID awalnya dan ada penyakit penyerta, paru-paru. Tapi wafat sudah negatif COVID-19," kata Ustaz Yusuf Mansur.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Mudah-mudahan, Insya Allah Syekh Ali sahid," ujar Yusuf Mansur.

Yayasan Syekh Ali Jaber juga mengkornfirmasi kabar duka itu melalui akun Instagram @yayasan.syekhalijaber. "Telah Wafat Guru kita, SYEKH ALI JABER (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) di RS Yarsi Hari ini, 14 Januari 2021, 1 Jumadil Akhir 1442 H jam 08.30 WIB dalam keadaan Negatif Covid. Kita ikhlaskan kepulangan beliau kepada Rabbnya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau. Do'akan Syekh Ali ya," tulis akun tersebut.

Sebelum meninggal, Syekh Ali Jaber pernah mengatakan jika meninggal nanti, dia ingin dimakamkan di Lombok.

"Ya Allah walaupun saya memilih, memohon meninggal di Madinah. Kalau saya ditetapkan meninggal di Indonesia, mohon saya mau dimakamkan di Lombok," kata Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya dikutip dari channel YouTube Sasak Update TV yang berjudul SYEH ALIJABER KENA COVID|| VIDIO MAKAMKAN SAYA DI PULAU LOMBOK.

Hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut tentang rencana pemakaman Syekh Ali Jaber. Namun, Ustad Yusuf Mansyur mengajak masyarakat untuk turut mendoakan dan melaksanakan salat gaib untuk Syekh Ali Jaber.