Polisi Tes Swab Rizieq Shihab Bila Hadiri Pemeriksaan di Polda Metro Besok
Gedung Polda Metro Jaya (DOK. VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pihak Polda Metro Jaya memastikan akan melakukan tes usap (swab) terhadap Muhammad Rizieq Shihab (MRS) jika hadir memenuhi panggilan penyidik kepolisian. Rizieq Shihab dijadwalkan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan.

"Ini diperiksa di Polda Metro Jaya, satuan kerja kita lengkap tapi tiap pemeriksaan, kita lakukan akan kita terapkan protokol kesehatan. Siapa pun yang kita lakukan pemeriksaan, protokol kesehatan kita jalankan, plus kita harus tes usap di sini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya dikutip Antara, Senin, 30 November.

Yusri mengatakan protokol kesehatan adalah langkah yang tidak bisa diabaikan di masa pandemi COVID-19 dan tes usap tersebut dilakukan demi keamanan pihak yang diperiksa maupun penyidik kepolisian.

"Untuk bisa memastikan jangan sampai yang diperiksa positif, penyidiknya kena," imbuh dia.

Salah satu saksi yang diketahui positif COVID-19 usai dilakukan tes usap antigen oleh pihak Polda Metro Jaya adalah Lurah Petamburan Setiyanto.

Saat ini Polda Metro Jaya meningkatkan status kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam kerumunan massa di hajatan pernikahan putri tokoh Front Pembela Islam (FPI) MRS di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 14 November.

Polisi sebelumnya memulai penyelidikan dengan melakukan klarifikasi terhadap Pemda DKI Jakarta, panitia acara dan pihak-pihak terkait acara tersebut. Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria ikut diklarifikasi.