Sedang memuat podcast...

Ilustrasi vaksin (Hakan Nural/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Rabu, 13 Januari Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang menerima suntik vaksin Sinovac. Tak ketinggalan juga, artis Raffi Ahmad sebagai perwakilan anak muda Indonesia yang menerima vaksin. Vaksin ini diharapkan dapat menghentikan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Pro dan kontra seputar vaksin Sinovac masih ramai diperbincangkan meskipun distribusi vaksin telah berjalan. Vaksin Sinovac yang diyakini memiliki efikasi 65,3 persen menurut BPOM ini diharapkan mampu menjadi jalan keluar dari pandemi. Namun, penting untuk kita memahami bagaimana cara kerja vaksin sehingga berpotensi menghentikan pandemi.

Pada bulan Maret 2020 lalu, redaksi VOI telah mengulas seberapa dekat kita dengan vaksin virus corona. Tak disangka dalam waktu kurang lebih 1 tahun sejak virus ini muncul, vaksin sudah bisa didistribusikan. Bahkan tak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis vaksin dari berbagai belahan dunia yang siap untuk diedarkan. Vaksin Sinovac adalah salah satu dari tujuh jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia. 

Vaksinasi merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan guna mencegah penyakit menular berbahaya, seperti campak dan polio. Vaksin melatih sistem kekebalan tubuh seseorang untuk mengidentifikasi dan melawan penyakit tertentu.

Siniar VOI kali ini akan membahas tentang cara kerja vaksin dalam tubuh. Silakan tekan tombol dengarkan dan kami akan bercerita untuk Anda.